MUHAMMAD YUSRO

Learning, Teaching and Sharing

Archives January 2018

Sitem Penjaminan Mutu Pendidikan Sesuai Juklak PMP tahun 2017

Sumber : https://mutudidik.wordpress.com/

Acuan Mutu Pendidikan

Pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar sesuai peraturan yang berlaku. Acuan utama sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). SNP adalah standar minimal yang ditetapkan pemerintah dalam bidang pendidikan yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan dan semua pemangku kepentingan dalam mengelola danmenyelenggarakan pendidikan, yang terdiri atas:

  1. Standar Kompetensi Lulusan;
  2. Standar Isi;
  3. Standar Proses;
  4. Standar Penilaian;
  5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  6. Standar Pengelolaan;
  7. Standar Sarana dan Prasarana; dan
  8. Standar Pembiayaan.

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menegah

Read More

Strategi Peningkatan Profesionalisme BAN S/M

STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALISME BADAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH UNTUK PENDIDIKAN INDONESIA YANG BERKUALITAS

Oleh: Muhammad Yusro

Makalah yang ditulis untuk mengikuti seleksi anggota BAN S/M 2018-2022

 

PENTINGNYA AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH

Saat ini di era modernisasi dan globalisasi dengan kompetisi yang makin ketat, maka pendidikan berkualitas memegang peranan yang teramat penting guna mencetak SDM yang kompetitif dan profesional. Tiap tahunnya, masyarakat berlomba untuk mendapatkan layanan pendidikan berkualitas dengan memperebutkan bangku di sekolah/madrasah negeri maupun perguruan tinggi negeri unggulan/terbaik. Salah satu parameter baik tidaknya sebuah satuan/program pendidikan dapat dilihat dari perolehan nilai akreditasi sekolahnya yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Untuk dapat menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, maka setiap satuan/program pendidikan harus memenuhi atau melampaui standar yang dilakukan melalui kegiatan akreditasi terhadap kelayakan setiap satuan/program pendidikan. Proses akreditasi dilakukan secara berkala dan terbuka dengan tujuan untuk membantu dan memberdayakan program dan satuan pendidikan agar mampu mengembangkan sumber dayanya dalam mencapai tujuan Pendidikan Nasional.

Read More